Kamis, 04 Agustus 2011

Cek digit idpelanggan / nopelanggan PLN

Anda pelanggan PLN? klo yang baca artikel ini orang Indonesia yang tinggal di Indonesia juga, sudah pasti 99% adalah pemakai listrik dari perusahaan listrik plat merah tersebut. Setiap pelanggan PLN selalu di beri nomer identitas yang biasa disebut dengan idpel, yang terdiri dari 12 digit. Angka tersebut dipakai untuk identitas saat kita membayar tagihan listrik, baik melalui loket PLN, PPOB, mesin ATM ataupun cara pembayaran yang lain.
Dari ke-12 angka tersebut, 5 angka pertama menunjukkan kode unit tempat anda terdaftar, sedangkan 6 angka berikutnya untuk pembeda tiap pelanggan. Jadi secara matematika, tiap unit hanya bisa menampung sebanyak 999.999 pelanggan. Tapi tentu saja tak pernah ada unit yang pelanggannya mencapai jumlah tersebut. Kembali ke deretan angka idpel tadi, masih ada 1 angka terakhir, itulah angka cek digit. Angka yang dihasilkan dari rumus matematika yang agak rumit (dan tentu saja malas saya menjelaskan disini, karena terlalu panjang nulisnya dan ga begitu penting).
Saya pernah menjumpai seseorang yang nomer cek digitnya hilang, bagaimana solusinya? ya gampang saja, hitung saja pakai rumusnya. Malas menghitungnya? pakai saja program berikut. Tinggal masukkan idpel 11 digit pertama, program akan menghitungkan cek digit terakhirnya. Program ini juga bisa menghitung cek digit pada nopel, tetapi saat ini sudah tidak populer lagi.
Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar