Senin, 25 Juli 2011

Menyatakan Angka dengan Huruf pada Excel

Pernahkah anda menulis sebuah kuitansi yang biasanya nilai nominalnya selalu di nyatakan dalam 2 bentuk yaitu angka dan huruf. Kalau sekali atau dua kali melakukannya mungkin masih bisa di buat dengan cara manual, tapi kalau banyak dan sering, tentu amat menjengkelkan bukan ?
Secara ga sengaja beberapa waktu yang lalu ada seorang teman yang ngasih cara menulis huruf dari angka tersebut secara otomatis pada excel. Berikut langkah-langkahnya :
1. Buka visual basic editor pada Excel


2. Setelah visual basic editor terbuka, klik pada Insert  Module






3. Setelah muncul jendela module, copy paste text berikut




4. Kemudian pilih File  Close and Return to Microsoft Excel



5. Dari jendela Excel, simpan excel yang masih kosong tadi dengan type Microsoft Office Excel Add-In (biasanya terletak paling bawah pada save as type. Simpan dengan nama terbilang.xla




6. Tutup excel, kemudian buka kembali excel dan pilih ToolAdd-Ins


7. Centang pada terbilang dan tekan OK


8. Untuk mengetes, ketikkan sebuah angka, dan pilih insert function dengan kategori user defined

9. Masukkan angka dan satuan yang diinginkan
Untuk style :

1: HURUF BESAR SEMUA
2: huruf kecil semua
3: Huruf Besar Pada Awal Kata
4: Huruf besar pada awal kalimat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar